Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) adalah suatu mekanisme pelayanan korban/pasien gawat darurat yang terintegrasi dan berbasis call center menggunakan kode akses telekomunikasi dengan melibatkan masyarakat. SPGDT bertujuan untuk meningkatkan akses dan mutu pelayanan kegawatdaruratan dan mempercepat waktu penanganan korban/pasien gawat darurat sehingga dapat menurunkan angka kematian serta kecacatan. SPGDT memegang peran penting dalam pelayanan masyarakat di tingkat kabupaten/kota, provinsi, maupun nasional.

Penyelenggaraan SPGDT terdiri atas sistem komunikasi gawat darurat, sistem penanganan korban/pasien gawat darurat, dan sistem transportasi gawat darurat. Ketiga sistem tersebut harus saling terintegrasi satu sama lain. Masyarakat yang mengetahui dan mengalami kegawatdaruratan dapat melaporkan dan/atau meminta bantuan melalui Call Center. Operator Call Center memiliki tugas menerima, menjawab panggilan, memverifikasi laporan kejadian gawat darurat; mengoperasikan komputer dan aplikasi sistem informasi untuk mencatat informasi panggilan darurat dari masyarakat.

Dalam SPGDT, mekanisme komunikasi dan kolaborasi rujukan antarfasilitas pelayanan kesehatan dalam jejaring memiliki peranan sangat penting. Tantangan sistem rujukan antara lain permasalahan keterlambatan dan kendala komunikasi-koordinasi antara perujuk dengan fasilitas pelayanan kesehatan rujukan. Dengan komunikasi dan koordinasi yang baik maka  fasilitas kesehatan rujukan menjadi lebih siap menerima pasien, rujukan lebih terarah, pasien sudah distabilisasi sebelum dirujuk, serta ada kolaborasi antara perujuk dengan fasilitas rujukan.

PSC (Public Safety Center) atau Pusat Pelayanan Keselamatan Terpadu adalah pusat pelayanan di kabupaten/kota yang menjamin kebutuhan masyarakat dalam hal-hal yang berhubungan dengan kegawatdaruratan. PSC merupakan ujung tombak pelayanan untuk mendapatkan respon cepat dalam penyelenggaraan SPGDT. Dalam menyelenggarakan PSC di kabupaten/kota, diperlukan sistem informasi dan komunikasi yang memadai dengan dukungan teknologi informasi yang mudah diakses dalam jejaring rujukan. Sistem informasi dan komunikasi  jejaring rujukan pelayanan kesehatan ini harus berfungsi secara terintegrasi melibatkan fasilitas pelayanan kesehatan primer, fasilitas pelayanan kesehatan rujukan, serta Dinas Kesehatan.

Aplikasi PSC Sijariemas merupakan aplikasi untuk sistem informasi dan sarana komunikasi terpadu di jejaring pelayanan PSC (Public Safety Center). Menggunakan Aplikasi PSC Sijariemas, maka kegawatdaruratan yang terjadi di masyarakat dapat dikomunikasikan dan dikoordinasikan penanganannya dengan lebih mudah oleh Petugas  PSC beserta jejaringnya. Adapun nama fungsi, dan rincian menu utama pada Aplikasi PSC Sijariemas dapat dilihat pada tabel berikut ini.

Fungsi /Feature Utama

  • Penyampaian laporan kejadian kegawatdaruratan dari masyarakat
  • Tracking lokasi Petugas dan ambulan PSC yang sedang bertugas
  • Pemberian tugas evakuasi kepada Petugas PSC
  • Informasi ketersediaan sarana dan fasilitas di fasyankes

Menu Aplikasi:

  • Laporan Kejadian Gawat Darurat
  • Ambulan Tracking
  • Petugas PSC
  • Data Ambulan
  • Ketersediaan Sarana dan Fasilitas
  • Berita
  • Dashboard
  • Laporan
  • Data Master
  • Administrator

Aplikasi PSC Sijariemas sangat berguna dalam proses komunikasi dan koordinasi pelayanan kegawatdaruratan, khususnya dalam penanganan kejadian gawat darurat yang terjadi di masyarakat kabupaten/kota. Untuk keperluan pelaporan, pencatatan, pemberian penugasan pertolongan terhadap kejadian gawat-darurat, masyarakat dan petugas PSC dapat menggunakan Aplikasi PSC Sijariemas versi mobile berbasis Android.

Alur proses pelaporan dan respon kejadian gawat darurat memanfaatkan Aplikasi PSC Sijariemas dapat digambarkan dalam bagan berikut ini.

Alur proses penyampaian laporan, penerimaan laporan dan penugasan petugas PSC memanfaatkan aplikasi PSC Sijariemas

Aplikasi sistem informasi dan komunikasi penanggulangan kegawatdaruratan di wilayah layanan PSC (public safety center) kabupaten/kota

Sasaran Pengguna

  • Warga Masyarakat
  • Petugas Call Center PSC
  • Petugas Medis PSC

Manfaat

  • Memudahkan masyarakat dan Petugas PSC 119 mendapat informasi ketersediaan sarana dan fasilitas kesehatan
  • Memudahkan koordinasi dalam proses evakuasi, pemberian pertolongan, dan rujukan korban kegawatdaruratan