Pada hari Jumat, 28 Februari 2020 telah ditandatangani kontrak antara PT Sijarimas Teknologi Inovasi dengan Project HOPE dalam pengembangan dan implementasi Sistem Informasi Kesehatan Ibu dan Anak di Kabupaten Banyumas. Dokumen kontrak ditandatangani oleh Bambang Wijayanto selaku Direktur Utama PT Sijarimas Teknologi Inovasi dan Agus Soetianto, SS, MIPH, MHM selaku Country Representatif Yayasan Project HOPE. Kerjasama ini dikhususkan dalam pendampingan implementasi aplikasi sistem informasi Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu dan Anak (PWSKIA) Sijariemas — yang sudah dikembangkan oleh PT Sijariemas — untuk digunakan di Kabupaten Banyumas selama satu tahun, mulai 1 Mei 2020 sampai dengan 30 April 2021.

Contoh Tampilan Dashboard PWSKIA Sijariemas

Aplikasi PWSKIA Sijariemas merupakan aplikasi komputer berbasis web dan mobile yang berfungsi untuk pendataan, pemantauan, dan pelaporan pelayanan kesehatan ibu dan anak oleh tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan seperti Praktek Bidan/Dokter Mandiri, Klinik Kesehatan, Puskesmas, atau Rumah Sakit. Selain menghasilkan dashboard untuk pemantauan oleh tenaga kesehatan secara individual maupun di Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Aplikasi PWSKIA Sijariemas juga menghasilkan laporan PWSKIA tingkat Puskesmas dan tingkat kabupaten/kota.

Cakupan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab PT Sijarimas Teknologi Inovasi berdasarkan kontrak yang telah ditandatangani, antara lain meliputi:

  • Penyiapan perangkat lunak aplikasi PWSKIA Sijariemas untuk digunakan di jejaring pelayanan kesehatan ibu dan anak di Kabupaten Banyumas
  • Memberikan pelatihan bagi calon pengguna aplikasi PWSKIA Sijariemas
  • Melakukan alih pengetahuan kepada petugas terkait palayanan KIA di Dinas Keesehatan Kabupaten Banyumas
  • Melakukan monitoring dan evaluasi pasca pelatihan
  • Mendampingi Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas dalam mengimplementasikan aplikasi PWSKIA Sijariemas
  • Melakukan pemeliharaan perangkat lunak aplikasi PWSKIA Sijariemas yang digunakan di Kabupaten Banyumas
  • Mendampingi ujicoba dan demonstrasi dashboard KIA
  • Memastikan keberfungsian dashboard KIA dan dapat digunakan oleh Bupati Banyumas dalam pemantauan layanan kesehatan ibu dan anak di Kabupaten Banyumas.

Salah satu tantangan dalam melaksanakan kegiatan pendampingan ini adalah adanya pandemi COVID-19 (Corona Virus Disease), penyakit pernapasan akut parah yang disebabkan oleh Novel Coronavirus. Namun demikian, berdasarkan pengalaman yang sudah dilakukan oleh PT Sijariemas dalam mendampingi implementasi aplikasi PWSKIA Sijariemas di kabupaten/kota lain baik secara daring (online) maupun luring (offline), Tim Pendamping PT Sijarimas Teknologi Inovasi optimis akan dapat menyelesaikan pekerjaan ini dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *