Sistem informasi dan komunikasi merupakan salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan Public Safety Center (PSC) atau Pusat Keselamatan Terpadu di kabupaten/kota. Oleh karena itu, Dinas Kesehatan kabupaten/kota yang sedang membangun dan mengembangkan PSC 119 di daerahnya akan berusaha melengkapi PSC masing-masing dengan aplikasi sistem informasi dan komunikasi yang sesuai dengan kebutuhan sistem penanggulangan gawat darurat terpadu di dalam jejaring pelayanan PSC kabupaten/kota.

PT Sijarimas Teknologi Inovasi telah berhasil memiliki karya cipta Aplikasi Sistem Informasi dan Komunikasi PSC 119 Sijariemas. Aplikasi tersebut diminati oleh banyak Dinas Kesehatan kabupaten/kota. Hingga akhir Desember 2020, aplikasi Sistem Informasi dan Komunikasi PSC 119 Sijariemas sudah digunakan oleh PSC di sembilan kabupaten/kota, yaitu: Kabupaten Banyumas, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Halmahera Selatan, Kabupaten Langkat, Kabupaten Luwu Timur, Kabupaten Nagekeo, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Pinrang, dan Kabupaten Tanggamus. Selain itu masih banyak pemegang program dan penanggung jawab PSC dari Dinas Kesehatan kabupaten/kota lain yang menghubungi Customer Support STI (Nomor HP. 082112116119) dan menyatakan minatnya untuk mulai menggunakan Sistem Informasi dan Komunikasi PSC 119 Sijariemas pada tahun depan.

Contoh tampilan Aplikasi Mobile PSC 119 Sijariemas

Aplikasi Sistem Informasi dan Komunikasi PSC 119 Sijariemas merupakan aplikasi yang dapat difungsikan sebagai sistem informasi dan sarana komunikasi terpadu di jejaring pelayanan PSC (Public Safety Center) dalam lingkup prafasilitas pelayanan kesehatan, intrafasilitas pelayanan kesehatan, dan antarfasilitas pelayanan kesehatan. Sasaran pengguna aplikasi Sistem Informasi dan Komunikasi PSC adalah warga masyarakat, petugas Call Center PSC, Petugas Medis PSC, Petugas IGD di Puskesmas, Petugas IGD rumah sakit, dan petugas instansi terkait (seperti kepolisian, pemadam kebakaran, tim SAR, PMI). 

Sistem informasi dan komunikasi ini berbentuk aplikasi mobile dan aplikasi web, untuk digunakan secara fleksibel sesuai kebutuhan pengguna. Menggunakan Aplikasi PSC, maka kegawatdaruratan yang terjadi di masyarakat dapat dikomunikasikan dan dikoordinasikan penanganannya dengan lebih mudah oleh Petugas  PSC beserta jejaring fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di wilayah kabupaten/kota. Aplikasi Sistem Informasi dan Komunikasi PSC 119 memiliki komponen aplikasi yang berjalan di server untuk bisa diakses oleh pengguna melalui web atau melalui aplikasi mobile. Komputer server diperlukan untuk penempatan web server, database, dan file-file aplikasinya. Selain itu perlu didukung dengan aktivitas membuat cadangan (backup) data secara rutin, optimalisasi kapasitas direktori, pemeriksaan keamanan sistem, serta pemeliharaan aplikasi tersebut.

Terkait dengan kebutuhan infrastruktur untuk implementasi Sistem Informasi dan Komunikasi PSC119 Sijariemas, ada dua model solusi yang bisa dipilih oleh kabupaten/kota dalam mengimplmentasikan Aplikasi Sistem Informasi dan Komunikasi PSC 119 Sijariemas. Solusi pertama adalah layanan Software as a Services (SaaS) atau sewa layanan Aplikasi Sistem Informasi dan Komunikasi PSC 119 Sijariemas. Pengelolaan server dan pemeliharaan software menjadi tanggung jawab PT. Sijarimas Teknologi Inovasi. Solusi kedua, Dinas Kesehatan kabupaten/kota membayar satu kali pembelian perangkat lunak (software). Server aplikasi menggunakan server lokal milik pemerintah daerah kabupaten/kota.

Jika Anda ingin mengetahui data terbaru kabupaten/kota yang menggunakan aplikasi Sistem Informasi dan Komunikasi PSC 119 Sijariemas, salah satu caranya Anda dapat mengunjungi Google Play Store melalui tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *